Jumat, 22 April 2011

APLIKASI LAPORAN BOS TAHUN 2011(excel)

Mulai Tahun 2011 Dana BOS digulirkan dari dana Dekonsentrasi daerah menjadi tranfer daerah maka pelaporan juga ada perubahan.
berikut kami buat sistem aplikasi pelaporan BOS tahun 2011
by. waluyotjarot@gmail.com

Senin, 18 April 2011

PROGRAM BIMBINGAN INTENSIF BAGI SISWA KELAS V DAN VI SDN SUKOSARI 01


PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR INTESIF
PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK SISWA
MELALUI PEMBIMBINGAN EKSTERNAL
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
TAHUN 2010/2011

I. Latar Belakang
Indikator keberhasilan pendidikan adalah adanya perubahan tingkah laku dari peserta didik. Ada tiga ranah dari perubahan itu yaitu kognitif, afektif dan psyikomotor. Memang dari tujuan pendidikan yang di canangkan adalah  tercapainya ketiga ranah tersebut. Tetapi tidak dipungkiri oleh semua pihak tidak dikatakan berhasil suatu sekolah apabila nilai akademik rendah. Hal ini menimbulkan ada rasa ketidak percayaan dari masyarakat akan kualitas pelayanan dari sekolah itu dan akan ditinggalkan oleh masyarakat pengguna jasa . Tetapi sebaliknya apabila sekolah dapat menyuguhkan berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik serta lulusan siswanya dengan nilai ujian yang luar biasa tinggi akan mendapat apresiasi dari masayarakat yang luar biasa pula. Maka dapat dipastikan apabila pada tahun mendatang akan kebanjiran peminat.
Untuk mencapai apa yang digambarkan diatas mustahil dapat dicapai hanya berpangku tangan dengan mengadalkan kegiatan pembelajaran yang biasa-biasa saja tanpa ada upaya dari sekolah dan orang tua untuk mengadakan perubahan. Pihak sekolah harus berupaya dengan berbagai cara, demikian juga dengan orang tua murid diharapkan turut aktif memantau dan selalui memotivasi untuk belajar. Seperti orang tua murid di kota dibela-belain mengikut sertakan anaknya dalam kegiatan bimbingan belajar diluar dengan biaya sendiri.
Disisi lain kadaan sosial walimurid SDN. Sukosari 01 tergolang kondisi ekonomi menengah kebawah. Sehingga berbeda sekila dengan wali murid sekolah di perkotaan. Umumnya mereka pasrah terhadap sekolah dimana anak mereka berseolah.  
Dalam upaya peningkatan kompetensi siswa serta terjadinya perubahan perilaku positif sebagaimana tujuan pembelajaran disekolah, Maka perlu adanya  upaya optimal melalui berbagai cara dan program untuk mencapainya. Salah satu program yang yang diujicobakan diujicobakan di SDN. Sukosari 01 yaitu program bimbingan belajar intensif melalui pembimbingan eksternal diluar jam pelajaran. 

II. Difinisi
Bimbingan dalam arti las inhern dengan pendidikan, tetapi pengertian bimbingan pada pokoknya adalah merupakan suatu  proses memberikan bantuan kepada siswa sebagai individu maupun kelompok untuk menyelesaikan masalah  masalah kesulitan  dalam belajar. Dengan bombngan secara intensif siswa mam pu mengembangka kemapuan secara optimal.

III. Tujuan
1.  Agar siswa mampu mengembangkan kompetensinya secara optimal sehingga dapat
      mewujudkan peningkatan prestasi akademik siswa SDN Sukosari 01 yang ditunjukkan
      dengan meningkatkan prestasi kejuaraan dan nilai kelulusan ujian yang rata-rata
      tinggi.
2. Mengguahkesadaran  para guru SDN. Sukosari 01 dan orang tua murid murid  bahwa
    untuk mencapai suatu tujuan diperlukan  kerja kerah dan sungguh-sungguh.

IV. Sasaran
1. Siswa
2, Guru
3. Orang Tua Murid

IV. Manfaat
1. Bagi sekolah secara secara institusional dapat memetakan kemampuan siswa sebagai
     individu sehingga dapat menghasilkan lulusan dengan penguasaan kompetensi yang
     optimal.
2. Bagi Guru Memahami bergai tehnik dan cara untuk mengembangkan pembelajaran
    dengan baik.
3. Bagi Siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya agar mengalalmi kegagalan dalam 
     belajar.
VI. Strategi
1. Guru Kelas V dan  Guru Kelas VI membuat pemetaan kemampuan masing-masing
     siswa dengan kategori lemah, sedang dan kuat
2. Guru Bersama Pembimbing eksternal membuat kelompok berdasarkan kemampuan
     tadi
3. Merumuskan dan merencanakan tehnik pembimbingan
4. Guru dan Pembimbing Melakukan pembimbingan
5. Melakukan evaluasi hasil belajarsecara berkala untuk mengetahui tingkat
    keberhasilan
6. Membuat laporan hasil kemajuan pembimbingan secara berkala kepada kepala
    sekolah.

VII. Organisasi
Organisasi dibuat sesuai dengan peran dan tanggungjawab masing-masing.
Struktur Organisasi
TIM BIMBINGAN INTENSIF
Pengarah Program
Kepala Sekolah




Pengawas Program
Kemite Sekolah




Tim perencana
Guru dan Pembimbing




Pelaksana





Guru dan Pembimbing





Guru dan Pembimbing





Peserta
Siswa Kelas V dan VI





 














VII  Pelaksanaan
Kalender Pembimbingan
Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011
       Tgl
Bulan
Pert.I
Pert II
Pert III
Pert IV
Pert V
Pert VI
Pert VIII
Pert IX
KET
Januari
4
7
11
14
18
21
25
28

Pebruari
1
4
8
11
18
22
25


Maret
1
4
8
11
15
18
22
29

April
5
8
12
15
19
26
29


Mei
3
6
10
11
12
24
27
31

Juni
7
10
14
17
21
24




Semester I Tahun Pelajaran 2011/2010
       Tgl
Bulan
Pert.I
Pert II
Pert III
Pert IV
Pert V
Pert VI
Pert VIII
Pert IX
KET
Juli
19
22
26
29





Agustus
2
5
9
12
16
22
25


September
1
4
8
11
15
18
22
29

Oktober
5
8
12
15
19
26
29


November
3
6
10
11
12
24
27
31

Desember
7
10
14
17
21
24
28



Catatan : 1. Kelas 6 Pembimbngan sampai pada akhir Mei 2011
              
VII. Minitoring dan Evaluasi
1. Monitoring
            Diperlukan monitoring pada
            - Tahap perencanaan
            - Tahap Pelaksanaan
2. Evaluasi
            -. Evaluasi terhadap hasil dilakukan cesara pereodik setelah selesai satu pokok materi
IX. Penutup
1.  Keberhasilan Program ditentukan komitmen bersama antara komponen sekolah
     dengan pihak pembimbing eksternal (Tim Work)
2. Keberhasilan diharapkan dapat memacu peningkatan kompetensi lulusan siswa SDN.
    Sukosari 01
           

                                                                                                Sukosari, 20 Desember 2010
Mengetahui
Komite Sekolah


H. ASHARI
Kepala Sekolah
SDN. Sukosari 01


JAROT WALUYO,S.Pd.
NIP. 19680511 199112 1 001







Minggu, 17 April 2011

LUCU

Misi Visi dan Tujuan SDN. Sukosari 01

VISI SEKOLAH : MEWUJUDKAN  SISWA BERPRESTASI YANG DILANDASI OLEH PENGUASAN IPTEK DAN IMTAQ YANG KUAT
Indikator :
  1. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
  2. Menumbuhkembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepada peserta didik, guru dan karyawan terhadap tugas pokok dan fungsinya.
  3. Meningkatkan komitmen seluruh tenaga kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya.
  4. Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah.
  5. Mengembangkan etika dan moral dengan menanamkan IMTAQ yang berkesinambungan.


VI. MISI SEKOLAH:
Indikator misi
  1. Mempersiapkan siswa agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olah raga dan seni.
  2. Mempersiapkan siswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  3. Membekali siswa agar memiliki ketrampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
  4. Membekali siswa dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

VII. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Sekolah Dasar Negeri Sukosari 01 adalah :
1.    Terbentuknya tenaga pendidik yang profesiaonal dan karyawan yang mampu melaksanakan layanan prima terhadap siswa dan masyarakat.
2.    Terciptanya lulusan yang berprestasi tinggi dan BERAKLAQ MULIA.
3.    Terwujudnya proses pembelajaran yang kreatif dan efesien dengan penggunaan media dan inovasi dalam pembelajaran
4.    Tersusunnya kurikulum yang berorentasi pada ciri khas sekolah dan memiliki sistem penilaian yang berstandar nasional
5.    Teraktualisasikanya semua potensi siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6.    Terpenuhinya semua sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran
secara langsung maupun tidak langsung.
7.    Terwujudnya linkungan sekolah yang sehat dengan tingkat kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan yang semakin tinggi.
8.    Terlaksananya semua program sekolah dengan pengelolaan dan pembiayaan yang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung.