Mulai Tahun 2011 Dana BOS digulirkan dari dana Dekonsentrasi daerah menjadi tranfer daerah maka pelaporan juga ada perubahan.
berikut kami buat sistem aplikasi pelaporan BOS tahun 2011
by. waluyotjarot@gmail.com
Jumat, 22 April 2011
Senin, 18 April 2011
PROGRAM BIMBINGAN INTENSIF BAGI SISWA KELAS V DAN VI SDN SUKOSARI 01
PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR INTESIF
PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK SISWA
MELALUI PEMBIMBINGAN EKSTERNAL
SEKOLAH DASAR NEGERI SUKOSARI 01
TAHUN 2010/2011
I. Latar Belakang
Indikator keberhasilan pendidikan adalah adanya perubahan tingkah laku dari peserta didik. Ada tiga ranah dari perubahan itu yaitu kognitif, afektif dan psyikomotor. Memang dari tujuan pendidikan yang di canangkan adalah tercapainya ketiga ranah tersebut. Tetapi tidak dipungkiri oleh semua pihak tidak dikatakan berhasil suatu sekolah apabila nilai akademik rendah. Hal ini menimbulkan ada rasa ketidak percayaan dari masyarakat akan kualitas pelayanan dari sekolah itu dan akan ditinggalkan oleh masyarakat pengguna jasa . Tetapi sebaliknya apabila sekolah dapat menyuguhkan berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik serta lulusan siswanya dengan nilai ujian yang luar biasa tinggi akan mendapat apresiasi dari masayarakat yang luar biasa pula. Maka dapat dipastikan apabila pada tahun mendatang akan kebanjiran peminat.
Untuk mencapai apa yang digambarkan diatas mustahil dapat dicapai hanya berpangku tangan dengan mengadalkan kegiatan pembelajaran yang biasa-biasa saja tanpa ada upaya dari sekolah dan orang tua untuk mengadakan perubahan. Pihak sekolah harus berupaya dengan berbagai cara, demikian juga dengan orang tua murid diharapkan turut aktif memantau dan selalui memotivasi untuk belajar. Seperti orang tua murid di kota dibela-belain mengikut sertakan anaknya dalam kegiatan bimbingan belajar diluar dengan biaya sendiri.
Disisi lain kadaan sosial walimurid SDN. Sukosari 01 tergolang kondisi ekonomi menengah kebawah. Sehingga berbeda sekila dengan wali murid sekolah di perkotaan. Umumnya mereka pasrah terhadap sekolah dimana anak mereka berseolah.
Dalam upaya peningkatan kompetensi siswa serta terjadinya perubahan perilaku positif sebagaimana tujuan pembelajaran disekolah, Maka perlu adanya upaya optimal melalui berbagai cara dan program untuk mencapainya. Salah satu program yang yang diujicobakan diujicobakan di SDN. Sukosari 01 yaitu program bimbingan belajar intensif melalui pembimbingan eksternal diluar jam pelajaran.
II. Difinisi
Bimbingan dalam arti las inhern dengan pendidikan, tetapi pengertian bimbingan pada pokoknya adalah merupakan suatu proses memberikan bantuan kepada siswa sebagai individu maupun kelompok untuk menyelesaikan masalah masalah kesulitan dalam belajar. Dengan bombngan secara intensif siswa mam pu mengembangka kemapuan secara optimal.
III. Tujuan
1. Agar siswa mampu mengembangkan kompetensinya secara optimal sehingga dapat
mewujudkan peningkatan prestasi akademik siswa SDN Sukosari 01 yang ditunjukkan
dengan meningkatkan prestasi kejuaraan dan nilai kelulusan ujian yang rata-rata
tinggi.
2. Mengguahkesadaran para guru SDN. Sukosari 01 dan orang tua murid murid bahwa
untuk mencapai suatu tujuan diperlukan kerja kerah dan sungguh-sungguh.
IV. Sasaran
1. Siswa
2, Guru
3. Orang Tua Murid
IV. Manfaat
1. Bagi sekolah secara secara institusional dapat memetakan kemampuan siswa sebagai
individu sehingga dapat menghasilkan lulusan dengan penguasaan kompetensi yang
optimal.
2. Bagi Guru Memahami bergai tehnik dan cara untuk mengembangkan pembelajaran
dengan baik.
3. Bagi Siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya agar mengalalmi kegagalan dalam
belajar.
VI. Strategi
1. Guru Kelas V dan Guru Kelas VI membuat pemetaan kemampuan masing-masing
siswa dengan kategori lemah, sedang dan kuat
2. Guru Bersama Pembimbing eksternal membuat kelompok berdasarkan kemampuan
tadi
3. Merumuskan dan merencanakan tehnik pembimbingan
4. Guru dan Pembimbing Melakukan pembimbingan
5. Melakukan evaluasi hasil belajarsecara berkala untuk mengetahui tingkat
keberhasilan
6. Membuat laporan hasil kemajuan pembimbingan secara berkala kepada kepala
sekolah.
VII. Organisasi
Organisasi dibuat sesuai dengan peran dan tanggungjawab masing-masing.
Struktur Organisasi
TIM BIMBINGAN INTENSIF
Pengarah Program Kepala Sekolah |
Pengawas Program Kemite Sekolah |
Tim perencana Guru dan Pembimbing |
Pelaksana |
Guru dan Pembimbing |
Guru dan Pembimbing |
Peserta Siswa Kelas V dan VI |
VII Pelaksanaan
Kalender Pembimbingan
Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011
Tgl Bulan | Pert.I | Pert II | Pert III | Pert IV | Pert V | Pert VI | Pert VIII | Pert IX | KET |
Januari | 4 | 7 | 11 | 14 | 18 | 21 | 25 | 28 | |
Pebruari | 1 | 4 | 8 | 11 | 18 | 22 | 25 | | |
Maret | 1 | 4 | 8 | 11 | 15 | 18 | 22 | 29 | |
April | 5 | 8 | 12 | 15 | 19 | 26 | 29 | | |
Mei | 3 | 6 | 10 | 11 | 12 | 24 | 27 | 31 | |
Juni | 7 | 10 | 14 | 17 | 21 | 24 | | | |
Semester I Tahun Pelajaran 2011/2010
Tgl Bulan | Pert.I | Pert II | Pert III | Pert IV | Pert V | Pert VI | Pert VIII | Pert IX | KET |
Juli | 19 | 22 | 26 | 29 | | | | | |
Agustus | 2 | 5 | 9 | 12 | 16 | 22 | 25 | | |
September | 1 | 4 | 8 | 11 | 15 | 18 | 22 | 29 | |
Oktober | 5 | 8 | 12 | 15 | 19 | 26 | 29 | | |
November | 3 | 6 | 10 | 11 | 12 | 24 | 27 | 31 | |
Desember | 7 | 10 | 14 | 17 | 21 | 24 | 28 | | |
Catatan : 1. Kelas 6 Pembimbngan sampai pada akhir Mei 2011
VII. Minitoring dan Evaluasi
1. Monitoring
Diperlukan monitoring pada
- Tahap perencanaan
- Tahap Pelaksanaan
2. Evaluasi
-. Evaluasi terhadap hasil dilakukan cesara pereodik setelah selesai satu pokok materi
IX. Penutup
1. Keberhasilan Program ditentukan komitmen bersama antara komponen sekolah
dengan pihak pembimbing eksternal (Tim Work)
2. Keberhasilan diharapkan dapat memacu peningkatan kompetensi lulusan siswa SDN.
Sukosari 01
Sukosari, 20 Desember 2010
Mengetahui Komite Sekolah H. ASHARI | Kepala Sekolah SDN. Sukosari 01 JAROT WALUYO,S.Pd. NIP. 19680511 199112 1 001 |
Minggu, 17 April 2011
Misi Visi dan Tujuan SDN. Sukosari 01
VISI SEKOLAH : MEWUJUDKAN SISWA BERPRESTASI YANG DILANDASI OLEH PENGUASAN IPTEK DAN IMTAQ YANG KUAT
Indikator :
- Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
- Menumbuhkembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepada peserta didik, guru dan karyawan terhadap tugas pokok dan fungsinya.
- Meningkatkan komitmen seluruh tenaga kependidikan terhadap tugas pokok dan fungsinya.
- Mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan administrasi sekolah.
- Mengembangkan etika dan moral dengan menanamkan IMTAQ yang berkesinambungan.
VI. MISI SEKOLAH:
Indikator misi
- Mempersiapkan siswa agar menjadi manusia yang berkepribadian, cerdas, berkualitas dan berprestasi dalam bidang olah raga dan seni.
- Mempersiapkan siswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
- Membekali siswa agar memiliki ketrampilan teknologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri.
- Membekali siswa dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi agar mampu bersaing dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
VII. TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Sekolah Dasar Negeri Sukosari 01 adalah :
1. Terbentuknya tenaga pendidik yang profesiaonal dan karyawan yang mampu melaksanakan layanan prima terhadap siswa dan masyarakat.
2. Terciptanya lulusan yang berprestasi tinggi dan BERAKLAQ MULIA.
3. Terwujudnya proses pembelajaran yang kreatif dan efesien dengan penggunaan media dan inovasi dalam pembelajaran
4. Tersusunnya kurikulum yang berorentasi pada ciri khas sekolah dan memiliki sistem penilaian yang berstandar nasional
5. Teraktualisasikanya semua potensi siswa dalam bidang akademik dan non akademik
6. Terpenuhinya semua sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran
secara langsung maupun tidak langsung.
7. Terwujudnya linkungan sekolah yang sehat dengan tingkat kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan yang semakin tinggi.
8. Terlaksananya semua program sekolah dengan pengelolaan dan pembiayaan yang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung.
Langganan:
Postingan (Atom)